Wisma Perdamaian


Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah, atau lebih dikenal dengan sebutan Wisma Perdamaian, terletak di Jl. Imam Bonjol 209 Semarang, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Luas lahan kompleks ini + 15.000 m2 dan luas total bangunan + 6.500 m2. Pembaharuan/ renovasi Wisma Perdamaian dirancang oleh Ir. Bambang Supriyadi, MSA. dan PT. Sarana Budi sebagai konsultan perencananya.

Wisma Perdamaian merupakan rumah dinas Gubernur Jawa Tengah yang terletak di kompleks Tugu Muda, Semarang. Dibangun dengan orientasi ke arah Tugu Muda (Tenggara). Bangunan ini terdiri dari tiga massa bangunan, yaitu bangunan induk yang difungsikan sebagai ruang kerja gubernur serta tempat penerimaan tamu-tamu resmi, bangunan rumah tinggal (rumah dinas), dan bangunan kantor tempat staff Wisma Perdamaian bekerja. Dalam perkembangannya kompleks gedung ini mengalami proses renovasi, yaitu dengan dibangunnya bangunan kantor pada sisi sebelah kanan bangunan utama, yang mengadopsi bentuk bangunan induk sebagai bangunan lama yang bergaya kolonial. Dalam hal ini terjadi proses imitasi (peniruan) sebagai salah satu langkah konservasi/pelestarian.

Wisma Perdamaian ini merevitalisasi Eks Kompleks APDN, yaitu bangunan kuno yang merupakan aset Pemda Propinsi Jawa Tengah yang patut dilestarikan.
Ide ini timbul mengingat Rumah Dinas Gubernur yang lama (Puri Gedeh) dirasa sudah tidak memenuhi syarat lagi karena :
Lokasi tidak strategis, dalam arti tidak mudah dijangkau oleh kendaraan umum, sehingga tidak akrab dengan masyarakat Jawa Tengah.
Besaran ruang sudah tidak mampu lagi menampung kegiatan Gubernur sebagai Kepala Wilayah maupun sebagai figur tokoh masyarakat, serta kegiatan Ibu Gubernur sebagai Ketua Dharma Wanita, Ketua PKK maupun sebagai pendamping Gubernur.
Arsitektur bangunan kurang melambangkan citra dan gambaran yang representatif.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: