Desa Wisata Kopeng


Desa Wisata Kopeng menyajikan panorama yang memikat dalam nuansa alam pedesaan dipadu dengan keindahan hamparan tanaman bunga dan sayuran membentuk suasana asri nan menyejukkan.

Desa Wisata Kopeng terletak di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Letak geografisnya berada di lereng gunung Merbabu, gunung Telomoyo dan gunung Andong di ketinggian 1450 m dari permukaan laut. Menyajikan panorama yang memikat dalam nuansa alam pedesaan dipadu dengan keindahan hamparan tanaman bunga dan sayuran membentuk suasana asri nan menyejukkan.

Daerah tujuan wisata alam ini berjarak tempuh sekitar 14 km dari kota Salatiga dan sekitar 54 km dari kota Semarang. Berkunjung ke Desa Wisata Kopeng, wisatawan dapat menikmati wisata alam pegunungan, bunga, petik strawberi, berkuda, kerajinan, budaya dan kuliner. Wana wisata Kopeng memiliki beberapa lokasi ideal yang bisa digunakan sebagai rekreasi keluarga, perkemahan, outbond dan acara rapat serta seminar pada institusi.

Di lokasi wisata Kopeng terdapat air terjun Umbul Songo (sembilan mata air). Konon, Umbul Songo merupakan mata air, yang ditemukan oleh para wali pada jaman Demak, untuk mencukupi kebutuhan akan air wudlu. Para wali ini kemudian bersama-sama berdoa memohon kepada Allah S.W.T untuk dimudahkan dalam memperoleh sumber mata air, guna keperluan berwudlu atau bersuci. Permohonan para wali dikabulkan dan keluarlah mata air yang debitnya sangat besar yang dinamakan Umbul Songo. Terdiri dari sumber mata air di sekitar Tekelan, Contre, Tayengan, Selodhuwur dan Kopeng. Agar lengkap berjumlah sembilan buah, kemudian ditambahkan sumber air yang ada di sekitar Peng Jero dan Kali Sati.

Wisata alam Kopeng di lereng Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3150 m. Hawa dingin pegunungan mulai terasa ketika memasuki daerah wisata Kopeng. Semakin mendekat ke daerah Kopeng pengunjung akan mendapati perkebunan sayur-sayuran segar seperti wortel, kol, kentang, dan sawi.

Di daerah wisata Kopeng terdapat banyak villa-villa yang dilengkapi fasilitas TV dan air Panas, ruang pertemuan, ruang makan, bahkan dapur. Sehingga wisatawan serasa seperti di rumah sendiri disertai halaman parkir yang cukup luas. Para wisatawan juga dapat leluasa menikmati hari-hari libur dan rekreasi.

Bagi wisatawan yang memiliki hoby mendaki gunung, bisa mengunjungi Wana Wisata Kopeng. Dan melihat gunung Merbabu dengan diterawangi oleh sinar matahari sore hari. jadinya puncak gunung seperti berkilauan. Belum lagi udaranya

About these ads

12 responses to this post.

  1. Posted by evi on Juni 14, 2010 at 3:15 am

    kTax k0pEng tU din9in??????????????????????????

    Balas

  2. Jadi kangen sama kopeng… dulu waktu SD di ajak om nginep di sana. Tempatnya segar, dingin. Nginep di Villa pede aja, waktu paginya mau olahraga, ternyata belakang villa kuburan.. hiii jadi takut waktu itu.

    Balas

  3. Posted by amri on Oktober 15, 2010 at 3:09 am

    ah…Kopeng yang sejuk, dingin penuh kenangan………..kalo ingat jadi rindu.

    Balas

    • Posted by Bumi Perkemahan Tukdandang Kopeng on Desember 27, 2010 at 12:07 pm

      kapan mau ke Kopeng lagi kami ada Traking PAHE & porternya lo kalau mau jalan2 ke kebun sayur, ikut panen sayur juga boleh, sampai ke Base Camp Cuntel/Tekelan,wisata lainnya terjangkau deh pokoknya dak mahal kok.aman,nyaman.dengan jalan santai bisa diantar.jangan lupa Hubungi kami

      Balas

  4. Posted by sarah on November 16, 2010 at 7:23 am

    gw sebel ma kopeng!pengalaman yg menyabalkan

    Balas

  5. Posted by har on November 25, 2010 at 4:13 pm

    suamiku sekarang juga lagi jalan2 ke kopeng sm temen2 kantore aku di rumah nyuci…….hi hi hi……..

    Balas

  6. Posted by agus on Desember 8, 2010 at 3:04 am

    jadi tertarik nih mas…
    bisa kasih info tentang villa?
    trims.

    Balas

  7. Posted by Bumi Perkemahan Tukdandang Kopeng on Desember 27, 2010 at 12:16 pm

    Mau kemping, Tracing PAHE, wisata kampung di Wisata Kopeng dan Taman Nasional Gunung Merbabu,harga terjangkau.
    Mau nyaman tenang langsung hubungi kami, hati2 jangan lewat broker

    Balas

  8. Posted by desti on Maret 12, 2011 at 2:39 am

    waduh… saya kangen bagt sama kopeng…
    sudah belasan tahun ndak kesana…
    hmmm…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: