Umbul Sidomukti


  • Lokasi : Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan
  • Jarak tempuh :
    • Sidomukti – Kota Ungaran : 12 km
    • Sidomukti – Kota Ambarawa : 7 km
    • Sidomukti – Kota Semarang : 23 km
  • Daya Tarik :
    • Kolam Renang: dengan mata air alami pegununganyang bersih dan sehat
    • Pemandangan yang indah
    • Berbagai wahana permainan Outbound
    • Flying Fox terpanjang di Asia Tenggara

  • Daya Dukung Wisata :
    • Wahana Outbound yang sangat lengkap
    • Transportasi kuda wisata
    • Villa
    • Homestay mura

Keelokan alam menyergap begitu kaki kita menapaki pelataran lokawisata Girigahana Sidomukti. Hamparan sawah berundak, hutan pinus, air terjun, dan sungai kecil, begitu memesona. Jauh di seberang sana terlihat Bukit Kembar Cimanggal, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu. Sebuah harmoni alam nan menawan.

Ya, suasana alam di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang itu memang membuat pengunjung betah berada di sana. Apalagi air di kolam renang alam Umbul Sidomukti, yang disebut-sebut tertinggi se-Indonesia bahkan Asia itu, selalu baru alias fresh dari Tuk (mata air) Ngetihan yang mata airnya memiliki umbul (air yang memancar dari dalam tanah). Maka, di sana kita akan melihat semburan air secara alami ke udara, setinggi 1,5 meter dari dasar kolam.

Kolam di Umbul Sidomukti tergolong unik. Ia terletak di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah Ungup-ungup. Jadinya kita seakan berada di puncak ketinggian atau kahyangan kalau berenang atau sekadar berendam di sana. Dan air umbul yang mengalir sepanjang tahun itulah sumber air utama untuk taman renang alam Umbul Sidomukti. Limpahan air tersebut meluber ke kolam di bawahnya, selanjutnya menuju kebun dan sawah-sawah. Yakinlah, kesegaran air tuk tersebut seolah mampu membasuh jiwa yang sedang penat.

Objek wisata Umbul Sidomukti yang dibuka 2 Agustus 2007 itu dibangun dengan desain kolam tradisional, bergaya minimalis dan menawarkan kenyamanan bagi pengunjung. Di tamannya banyak tempat duduk berundak model panggung terbuka sehingga pandangan bebas ke segala penjuru.

”Dinding kolam ini disusun dari tumpukan batu alam. Ini menjadikan penampilannya lebih unik, sederhana, dan terasa akrab bagi pengunjung,” kata Bambang Wijanarko, Manajer Lapangan PT Panorama Agro Sidomukti.

Bambang adalah yang dipercaya Siswono Yudohusodo (Direksi PT PAS) untuk mengelola kawasan wisata yang menjadi magnet baru turis lokal dan asing itu.

Kalau kita mau ke Girigahana Sidomukti, sekitar 50 meter setelah Pasar Jimbaran, Bandungan (dari arah Ungaran-Lemahabang), belok ke arah kanan, dan naik sekitar 3,5 kilometer. Sudah banyak penunjuk arah untuk ke lokasi. Kalau dari Semarang, jaraknya sekitar 40 kilometer.


Permainan Menantang

Siswono Yudohusodo terbilang jeli menangkap peluang keindahan alam Desa Sidomukti. Ia membuat konsep REAL atau Recreation (hiburan), Education (pendidikan), Adventure (petualangan), dan Leisure (pengisian waktu senggang). Di lahan PT PAS seluas 36 hektare tersebut, kini juga digunakan untuk outbound dan bumi perkemahan modern. Ada pula sekitar 400 hektare lahan Perhutani yang layak untuk wisata hutan.

Wisata Sidomukti tak sekadar menawarkan buaian alam, kesegaran udara, dan keindahan langit desa ini, tapi juga menantang pengunjung untuk menguji nyali. Di antara lembah yang ada terpasang flying fox sepanjang 110 meter dan 60 meter dengan ketinggian 70 meter. Dengan kedalaman lembah lebih dari 70 meter sangat mungkin flying fox tersebut yang tertinggi di Indonesia.

Atau, ingin meniti marine bridge (jembatan tali) sepanjang 60 meter dan terombang-ambing di atas jurang? Wow, tentu pengalaman sensasional, mendebarkan, dan mengasyikkan.

”Di lokasi ini juga ada outbond untuk perusahaan dan sekolah,” imbuh Bambang.

Untuk anak-anak tersedia wahana melatih keberanian dan sportivitas. Untuk mereka, ada flying fox anak sepanjang 15 meter. Fasilitas lainnya yaitu camping ground atau lokasi kemah. Di atas lahan itu pengunjung dapat menikmati malam di alam bebas. Pada tengah malam sunyi, gemeretak kayu api unggun menjadi musik tersendiri yang indah dan hangat, untuk mengusir udara dingin.

”Keajaiban” alam masih tersisa di lereng Gunung Ungaran. Jalur aliran air sungai yang jernih pada cekungannya menawarkan sensasi tersendiri. Biasanya, pengunjung secara rombongan menyusuri sungai kecil di lokawisata alam tersebut.

Sedot Pengunjung

Mengapa Umbul Sidomukti dalam waktu singkat menarik perhatian banyak orang? Tidak hanya warga Kabupaten Semarang yang suka menenangkan nurani di objek wisata itu. Orang-orang dari Kota Semarang, Salatiga, bahkan luar Jateng dan luar Jawa, tergoda oleh keelokan Umbul Sidomukti.

”Pada liburan Hari Raya Idul Fitri, jumlah pengunjung pernah mencapai lebih dari 1.000 orang sehari,” terang Bambang lagi. Sebuah angka yang fenomenal untuk kelas objek wisata yang tergolong anyar.

Yossiadie BS, Tim Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispartabud) Kabupaten Semarang, salut atas inovasi, kreatif, semangat, dan kerja keras tim PT PAS. ”Kuncinya adalah profesional. Saya sepakat swastanisasi wisata berpotensi di kabupaten ini biar pariwisata bisa cepat maju,” tegas Yossi, penggerak One Day Tour di kabupaten tersebut. Ia juga berharap pucuk pimpinan eksekutif dan legislatif di Kabupaten Semarang dapat kompak mencintai pariwisata yang menjadi salah satu sektor andalan setempat.

Yossi juga mengatakan, selain alam Sidomukti menarik, PT PAS cukup pandai mencitrakan diri lewat publikasi dengan kalimat ”kolam renang alam tertinggi di Indonesia bahkan Asia”. ”Pernah diukur ketinggian kolam alam itu 1031 dpl,” tuturnya.

Umbul Sidomukti selain menawarkan panorama juga jalur trekking ke puncak Gunung Ungaran, Gua Jepang, dan Kebun Teh Medini. Yang pasti, Sidomukti yang telah menjadi paket agenda One Day Tour merupakan magnet baru wisata alami.

sumber : www.wisata-ungaran.com/

14 responses to this post.

  1. Posted by Agus PD on Februari 14, 2010 at 3:38 am

    Kami bermaksud membawa rombongan ke Umbul
    Sidomukti pada akhir bulan Maret 2010. Yang menjadi kekhawatiran kami adalah apakah tur bis kecil (kapasitas 30 orang) bisa masuk dan naik ke kawasan tersebut?
    Di hampir semua artikel menyebutkan akses jalan untuk
    kendaraan roda-4 sempit dan menanjak? trims,…

    Balas

    • berdasarkan pengalaman saya pak, memang akses jalan ke umbul sidomukti menanjak dan tidak rata. dan ketika itu saya menggunakan kendaraan roda 4. memang agak susah. ketika sampai di tujuan. saya menemukan beberapa bis mini yang ada diparkiran sana. berarti bisa dilewati bis mini. (mungkin agak susah naiknya) . tapi itu sekitar 1tahun yang lalu. dan mohon maaf tentang informasi saat ini saya kurang tau.

      Balas

  2. Posted by Agus PD on Februari 15, 2010 at 12:21 pm

    Pak Burhanudin,
    Terima kasih untuk infonya, mungkin kami perlu survei terlebih dahulu sebelum membawa grup yang lebih besar. wsslm,

    Balas

  3. Posted by mila on April 8, 2010 at 4:07 am

    saya mau membawa rombongan kantor ke umbul sidomukti, tapi saya kesulitan untuk meminta informasi mengenai paket outbound dewasa dan kulinernya.

    tolong kalo bisa di email ke almat email di atas. tks. ditunggu sekali

    Balas

    • mengenai info tentang wisata umbul sidomukti memang agak sulit. kamipun kesulitan untuk mendapat paket outbond dan wisata disana untuk satu rombongan.

      untuk sementara akan saya usahakan untuk mendapat no kontak dari umbul sidomukti sendiri. Terima Kasih.

      Balas

  4. Posted by karonia on Juni 8, 2010 at 3:44 am

    Selamat siang Pak,
    Saya bermaksud untuk mengetahui lebih jelas tentang umbul sidomukti ini krn kami ada rencana untuk mengadakan outbound disana….mungkin bapak mempunyai daftar ya atau no telp yang bisa dihubungi.
    terima kasih.

    Balas

    • mohon maaf yang sebesar2nya kami belum memiliki kontak nomer untuk umbul sidomukti dikarenakan kamipun susah untuk menghubungi mereka. kami mohon maaf. tapi umbul sidomukti menyediakan paket2 outbond untuk kelompok.

      Balas

  5. Dengan Hormat.
    Pak Yusuf, kami butuh info – Wisata Umbul Sido Mukti.
    Rencana Habis Lebaran ( H+2) Kami mau bawa Rombogan +- 50 org. yg kami perlukan :
    !. No Telephon Kantor Pengelola Umbul Sidomukti.
    2. Resto yg ada di Umbul Sido Mukti , menyediakan menu apa saja ?
    3. Pada saat seputar lebaran , kira2 kalau penuh, apakah perlu booking terkebih dahulu.
    4. Karena masing@2 keluarga bawa kendaraan sendiri, tempat parkir nya (seputar lebaran cukup apa tidak
    5. menurut info jalan/ akses masuknya agak sempit/sulit, saat seputar lebaran kemungkinan macet /
    Terimakasih.

    Balas

  6. Posted by bangunbi on Agustus 23, 2010 at 6:53 am

    ini ada referensinya : http://umbulsidomukti.com/
    siapa tau berguna

    Balas

  7. Posted by herlambang on September 24, 2010 at 11:31 am

    pak saya dan rombongan rencana mau mengunjungi umbul sidomukti, saya minta tolong petunjuk arah jalan menuju lokasinya pak.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    Balas

  8. Posted by Madhie on Oktober 1, 2010 at 8:08 am

    Bagus mas tempat ini …. alamiah sekali ….. sayang jalan menuju ke umbul ini sempit …. utamanya saat papasan dengan mobil lain…. nanjak lagi … masih lewat kampung-kampung ya jalannya? Thanks.

    Balas

  9. saya mau tanya , berhubungan dengan malam taun baru . apakah wisata umbul masih buka untuk jam malam ??
    demi meramaikan suasana taun baru ini , masalah nya saya akan membawa rombongan , untuk itu saya perlu mencari informasi agar saya tidak kecewa ,…
    serta akses jalannya bagaimana apakah sudah ada perbaikan ?? dan suasana jalan pada malam hari adakah lampu penerang ang cukup ??
    mohon dibalas secepatnya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: